Kewirausahaan

Materi mengenai kewirausahaan diisi oleh Goris Muttaqin. Materi ini di fokuskan pada bidang socio entrepreneur. Goris merupakan pendiri  yayasan ASGAR (Asal garut). Tujuan dari didirikannya yayasan ini adalah untuk mengembangkan potensi lokal. Disamping itu itu yayasan ini juga menanamkan modal pada berbagai usaha warga lokal meskipun dalam skala yang masih tergolong kecil.

Yayasan Asgar sendiri adalah yayasan yang bersifat sosial enterprise atau kewirausahaan yang dibuat sebagai salah satu cara untuk men-tackle masalah sosial yang ada di Garut.

Jenis usaha yang telah di dirikan oleh yayasan Asgar diantaranya adalah:

  1. Dalam bidang pendidikan. Yang melatarbelakangi didirikannya usaha ini adalah kesadaran bahwa pendidikan mampu merubah nasib sesorang. Untuk maju, maka di perlukan anak muda yang maju dan memiliki pendidikan yang baik. Asgar telah mendirikan lembaga bimbingan belajar khusus untuk membantu anak yang memiliki potensi yang berasal dari keluarga tidak mampu. Usaha ini didirikan pada tahun 2007. Meskipun pada perkembangannya, usaha bimbingan belajar ini juga menerima siswa dari keluarga yang mampu. Sistem yang kemudian mereka gunakan adalah menerima pembayaran dari siswa yang mampu membayar dan memberikan beasiswa bimbingan untuk siswa yang tidak mampu.
  2. Dalam bidang microfinance, yayasan Asgar telah mendirikan beberapa unit BMT. BMT bertujuan untuk memberikan aliran dana kepada kelompok usaha di Garut yang kemudian akan di kembalikan oleh kelompok usaha tersebut dalam bentuk cicilan. Aliran dana ini bertujuan untuk membantu pengembangan usaha lokal di garut. Karena pada dasarnya aliran dana mampu untuk membantu mengatasi kemiskinan dengan jalan membantu mengembangkan usaha yang sudah ada.
  3. Yayasan asgar juga menanamkan modal (investasi) pada beberapa usaha kecil di garut.
  4. Investasi pohon adalah gerakan terbaru yang di lakukan oleh asgar yang bertujuan untuk meratakan kesempatan.
  5. Yayasan Asgar juga menjadi fasilitator dengan menyediakan inkubator usaha kecil di Garut.

Diakhir sesi disampaikan oleh Goris bahwa untuk membuat ide bisnis yang dapat kita lakukan adalah mengamati bisnis yang telah berkembang di sekitar kita, kemudian tiru idenya dengan melakukan modifikasi sehingga tidak semena-mena hanya mencontek ide yang sudah ada.

Berkat yayasan Asgar ini Goris telah memperoleh banyak prestasi. Goris sering mendapat kan undangan ke berbagai acara baik di dalam dan luar negeri seperti di Eropa dan Amerika. Bahkan dia sempat mendapat kehormatan menerima undagan dari Presiden Amerika Serikat Barrack Obama.

Leave a comment